Cara Menyusun Materi Presentasi Haji dan Umroh ppt

Saat melakukan bimbingan manasik haji ataupun umroh, berbagai hal mengenai kegiatan ibadah tersebut harus disampaikan. Calon jamaah harus mengetahui dengan jelas berbagai aspek haji dan umroh serta tata cara pelaksanaannya. Agar tujuan presentasi dapat dicapai, materi presentasi Ibadah haji dan umroh ppt atau PowerPoint harus disusun dengan baik, komunikatif serta menarik. Karena itu cara menyusun materi presentasi maupun pengetahuan mengenai haji dan umroh harus dikuasai. 

masjid al haram
Baca Juga Cara Pesan Tiket Kereta Api Lebaran

Cara Menyusun Materi Presentasi

Langkah pertama dalam menyusun bimbingan manasik haji dan umroh ppt adalah menyiapkan materi sebagai bahan presentasi. Bahan-bahan ini harus diambil dari sumber-sumber terpercaya dan telah terbukti kebenarannya. Sumber bahan bisa berupa Al-Qur’an, Sunnah Rasul, buku, berbagai kitab ataupun surat kabar. Selain berupa tulisan, materi presentasi dapat berupa foto ataupun rekaman video. Foto dan video ini dapat diambil dari internet maupun koleksi pribadi. Penyaji harus dapat menggali berbagai bahan secara kreatif. 

Setelah mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah menyusun bahan. Cara menyusun materi yang umum digunakan adalah dimulai dengan pendahuluan, kemudian pokok pembicaraan, dan ditutup dengan kesimpulan serta saran. Cara lain dalam menyusun materi ini adalah memulai dengan berbagai pertanyaan, dilanjutkan dengan jawaban dari pertanyaan tersebut yang berupa penjelasan. Penutup dapat berisi kesimpulan dari pokok atau isi pembicaraan. Seorang penyaji dimungkinkan untuk mengkombinasikan dua jenis pola tersebut, asalkan materi presentasi dapat tersusun secara sistematis. 

Materi presentasi haji dan umroh ppt harus dibuat menggunakan bahasa serta kalimat yang tepat dan sesuai dengan audience. Kalangan masyarakat yang berbeda akan mudah memahami kalimat dengan gaya bahasa yang berbeda pula. Penyaji harus pandai melihat siapa audiencenya serta memilih gaya bahasa yang menarik untuk audience tersebut. Ketika menyajikan panduan umroh ppt, fokus pada topik pembicaraan merupakan sebuah kewajiban. Pembicaraan seharusnya tidak melebar ataupun keluar dari pembahasan yang seharusnya.

Garis Besar Materi Haji dan Umroh

Materi haji dan umroh yang perlu disampaikan terdiri dari beberapa garis besar. Syarat wajib haji dan umroh merupakan salah satu pokok materi. Ihram, tata cara serta larangan-larangannya juga harus dijelaskan dengan detil. Selain itu, larangan-larangan haji dan dendanya harus dipahami oleh calon jamaah. Pokok materi lainnya adalah rukun dan wajib haji serta umroh. Jenis-jenis haji serta tata cara pelaksanaannya merupakan materi yang sangat penting. 
Materi lain yang perlu disampaikan dalam presentasi haji dan umroh ppt adalah kondisi riil yang mungkin dihadapi calon jamaah di Ara Saudi. Kota Mekah akan dipadati jutaan orang saat musim haji, sehingga para jamaah harus siap menghadapi berbagai kemungkinan. Dengan Presentasi yang baik, jelas dan menarik, jamaah akan sangat terbantu saat melakukan ibadah haji maupun umroh di tanah suci.

Postingan populer dari blog ini

Berkeliling Kota Istanbul Dengan Paket Umroh Haji dan Wisata Ke Turki

Cara Pendaftaran Paket Umroh Bank Muamalat Terbaru